Monday, November 17, 2008

Success Story: Google, Inc.

Jika anda pernah mencari sesuatu di internet, anda pasti kan menemukan Google.com. Jika anda telah menemukan Google.com, maka pencarian anda adalah salah satu dari 150 juta pencarian yang dilakukan oleh Google setiap harinya. Dengan hasil yang sangat instan (pencarian Google tidak pernah berlangsung lebih dari setengah derik), Google termasuk satu dari beberapa website dengen pengunjung terbanyak di dunia, dengen 3 milyar dokumen yang bisa dicari dan 21 juta pengunjung unik setiap bulannya.

Google berdiri tahun 1995 di Stanford University, didirikan oleh dua mahasiswa komputer yaitu Larry Page dan Sergey Brin. Pada tanggal 7 September 1998, Google go online. Nama Google diambil dari kata "googol" yang artinya angka 1 diikuti oleh 100 nol dibelakangnya. Google juga sekaligus mendapat markas baru, yaitu sebuah garasi di Menlo Park, California.

Sampai saat itu, Google samasekali belum memperoleh keuntungan, karena, menurut Larry dan Sergey, layar utama Google haruslah benar-benar putih tanpa adanya satupun iklan. Itulah prinsip dari Google.

Pada bulan Maret 1999, markas Google pindah lagi ke Palo Alto dan menetap disitu hingga saat ini. Sekarang, daerah itu dikenal sebagai Googleplex.

Untuk memperoleh keuntungan, akhirnya pada tahun 2000, Google mulai menjual iklan yang dikaitkan dengan kata kunci (keyword). Iklan tersebut hanya berupa text polos demi menjaga design putihnya dan kecepatan pemunculan halaman. Red Hat adalah klien pertama Google.

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

No comments: